Slide # 1

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan 2019

Foto Bersama Keluarga Besar Prodi Pendidikan Kimia Bersama Mahasiswa Baru dan Panitia PBAK 2019 Read More

Slide # 2

Family Gathering Chemistry16

Kebersamaan Keluarga Prodi Pendidikan Kimia dengan Leting 2016 Read More

Slide # 3

Pelantikan UKM ALAC Prodi Pendidikan Kimia

Peresmian UKM Sanggar Seni Kimia (SSK) dan Chemistri Language Club (CLC) Read More

Slide # 4

Pelantikan HMP Pendidikan Kimia 2018-2019

Pembukaan dan Penutupan Pelantikan DImeriahkan oleh Sanggar Seni Kimia Read More

Slide # 5

KOMINFO SQUAD

Penanggungjawab Semua Media Pendidikan Kimia Read More

Minggu, 11 Februari 2018

gambar 1.4 struktur molekul vanilin dan isovanilin
       Di atas telah dibahas dua jenis metode pemisahan konvensional yaitu kromatografi kolom dan elektroforesis Kedua metode pemisahan tersebut cukup dengan peralatan sederhana. Akan tetapi terdapat beberapa kelemahan, seperti sukar mengidentifikasi senyawa-senyawa tidak berwarna karena pendeteksian hanya menggunakan mata langsung. Hasil pemisahan yang kurang efisien karena masih terdapat tumpang tindih antara komponen satu dengan lainnya. Selain itu, kedua metode pemisahan konvensional tersebut memerlukan waktu yang relatif lama.

     Pada zaman sekarang, efisiensi merupaka faktor penting dalam pemisahan, pemisahan harus seefisien mungkin. Faktor kedua adalah waktu, bagaimana mendapatkan hasil pemisahan yang efisien dalam waktu yang cepat. Faktor ketiga adalah kompleksitas senyawa, semakin mirip karakter senyawa-senyawa yang dipisahkan semaki sulit dipisahkan. Misalnya, campuran berupa aroma makanan yang terdiri dari senyawa-senyawa vanilin memiliki struktur yang molekul yang mrip.Contoh, struktur molekul senyawa vanilin dan isovanilin memiliki rumus molekul yang sama, perbedaannya terletak pada posisi gugus fungsi, seperti terlihat pada gambar 1.4.

        Kedua senyawa vanilin tersebut tidak berwarna dengan struktur molekul yang serupa sehingga metode pemisahan konvensional tidak mungkin dapat memisahkannya. Padahal kalau kita dapat memisahkan kedua senyawa berikut, maka kita dapat membuat senyawa turunannya yang mungkin lebih mahal nilainya. Oleh karena itu, untuk memisahkan komponen-komponen campura seperti di atas diperlukan metode pemisahan yang lebih canggih melalui penyempurnaan metode konvensional.

Referensi dan footnote dari Sumar Hendayana, 2006. Kimia Pemisahan Metode Kromatografi dan Elektroforesis Modern. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, h. 5.

0 komentar: