Slide # 1

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan 2019

Foto Bersama Keluarga Besar Prodi Pendidikan Kimia Bersama Mahasiswa Baru dan Panitia PBAK 2019 Read More

Slide # 2

Family Gathering Chemistry16

Kebersamaan Keluarga Prodi Pendidikan Kimia dengan Leting 2016 Read More

Slide # 3

Pelantikan UKM ALAC Prodi Pendidikan Kimia

Peresmian UKM Sanggar Seni Kimia (SSK) dan Chemistri Language Club (CLC) Read More

Slide # 4

Pelantikan HMP Pendidikan Kimia 2018-2019

Pembukaan dan Penutupan Pelantikan DImeriahkan oleh Sanggar Seni Kimia Read More

Slide # 5

KOMINFO SQUAD

Penanggungjawab Semua Media Pendidikan Kimia Read More

Selasa, 12 September 2017

        Hai chemister semuanya, kali ini kita  akan share beberapa referensi berupa e-book sebagai pegangan untuk mahasiswa(i) yang sedang melanjutnya studi di semester berjalan, baik mahasiswa(i) semester 1 atau pun semester akhir. Kami berharap dengan beberapa sumber ini dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa(i) untuk mengatasi berbagai problema-problema dalam pembelajaran dan kami menerima berbagai referensi tambahan baik berupa e-book, jurnal, artikel, makalah dan sebagainya supaya masalah dapat terselesaikan dengan cara mengirimkan ke email kami atau tinggalkan di kolom komentar 👇. Langsung saja.

1. Kimia Organik              
        Buku ini memang didesign untuk mahasiswa farmasi, tetapi tidak berarti hanya mahasiswa farmasi saja yang dapat mempelajarinya, bahkan di silabus kimia organik I untuk mahasiswa s-1 pendidikan kimia ada juga mempelajari tentang gugus fungsi cis-trans, aldehid dan keton, mekanisme reaksi aldehid dan keton, jenis-jenis reaksi organik. So, buku kimia organik I cocok untuk kaula muda yang hendak menambah terus wawasan  dalam berkarya dan menuntut ilmu pengetahuan khususnya di bidang kimia. Kimia organik I dipelajari pada semester 3 pada jurusan s-1 pendidikan kimia UIN Arraniry.

2. Kimia Analitik I
         
        Buku Kimia Analitik I merupakan buku yang sering digunakan  untuk menambah wawasan di bidang analitik I, buku ini disusun langsung oleh dosen kimia UIN Arraniry dan dosen Universitas Syiah Kuala bapak Dr. Ibnu Khaldun, beliau sangat ahli di bidang analitik. Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa (i) kimia yang menempuh pendidikan pada semester 3 terutama pada mata kuliah ini membahas tentang reaksi spesifik kation dan anion berdasarkan kelas-kelasnya, analisis gravimetri, titrasi redoks, titrasi asam basa dan sebagainya.

3. Kimia Analitik II dan atau Kimia Analisa Instrumen

         Kimia Analisa Instrumen atau lebih dikenal lagi dengan kimia analitik III, sebenarnya kedua mata kuliah ini tidak terlalu jauh perbedaannya, hanya saja pada analisa instrumen yang dibahas lebih pada kepada instrumen / alatnya saja, cara kerja dan sebagainya. Sedangkan konsep dan teori dari instrumen itu sendiri lebih dibahas di kimia analitik II. Buku kimia analisa instrumen sangat direkomendasikan buat mahasiswa(i) yang sedang mengambil mata kuliah kimia analisa instrumen di semester 6, sedangkan konsep dasar dari analisa instrumen tersebut bisa juga diperoleh di buku kimia analik untuk SMK. Walaupun buku kimia analitik dibuat khusus SMK, tidak salahnya bagi mahasiswa untuk sejenak mengenal kembali konsep dasar dari instrumen itu sendiri.

4. Evaluasi Pendidikan/Statistik Pendidikan/Statistik Kimia
Pronaltes cocok untuk mk evaluasi pendidikan, statistik kimia dan statistik pendidikan
    Sedikit berbeda dengan sebelumnya berupa e-book, kali ini sangat direkomendasi untuk mahasiswa(i) kimia atau mahasiswa (i) umum yang sedang mengambil mata kuliah evaluasi pendidikan (semester 4), statistik pendidikan (semester 2) atau statistik kimia (semester 6) karena program ini dirancang untuk mengetahui analisis butir soal berupa uji reliabilitas, indeks kesukaran soal, analisis daya beda soal, uji validitas soal, mencari nilai r_xy dan pengecoh soal yang berfungsi atau tidak, nilai rata-rata siswa dalam suatu kelas beserta nilai akhirnya. Proanaltes ini dibuat oleh dosen statistik kimia dan dosen analitik kimia, bapak Dr. Ibnu Khaldun.

5. Kimia Dasar (I&II)
        Kimia Dasar sepertinya semuanya pasti kenal terlebih mahasiswa(i) kimia, ibaratnya tak kenal makanya tak sayang, tak sayang makanya tak cinta. Ebook ini ialah dasar dari ilmu kimia di mana di materi ini kalian akan mengenal hakikat kimia, hukum-hukum kimia, atom dan penyusunnya, teori-teori atom dan masih banyak lagi. Ebook ini sangat disarankan untuk kalian yang baru belajar kimia baik untuk adik-adik SMA/MA atau buat mahasiswa(i) yang baru memulai perkuliahan, seperti namanya juga kimdas I dan II, mata kuliah ini akan berjalan pada semester I dan II pula.

6. Manajemen Laboratorium Kimia
       Ebook ini cocok bagi adik-adik mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Manajemen Lab Kimia pada semester II. Bahan dalam buku ini mencakup keselamatan dan keamanan lab (MSDS), manajemen ruang lab, desain lab kimia yang baik, sifat-sifat kimia dan sebagainya.

7. Kajian Teks Kurikulum SMA
        Ebook ini cocok untuk mahasiswa(i) yang sedang menempuh mata kuliah kajian teks kurikulum SMA karena materi pokok dalam mk ini ialah hakikat kurikulum dan sejarah perkembangan kurikulum dari masa ke masa, serta alasan kenapa kurikulum diganti. 

8. Kimia Lingkungan
        Kimia Lingkungan (kimling) merupakan mata kuliah yang membahas tentang konsep dan teori lingkungan baik biotik atau abiotik, termasuk di dalamnya tanah, udara, air dan lingkungan. materi ini juga dikaitkan dengan pencemaran-pencemaran, baik pencemaran air, tanah dan udara serta indikator-indikator telah terjadinya suatu pencemaran seperti BOD, COD, DOD dan pH. Mata kuliah ini sifatnya luas, termasuk di bidang pertanian seperti penggunaan pestida, so belajar lah banyak-banyak tentang pestisida, jenis-jenis pestisida dan sebagainya.

9. Kimia Anorganik I & II

        Buku Kimia Anorganik I & II merupakan ebook yang penting buat mahasiswa(i) kimia yang sedang mengambil mata kuliah kimia anorganik pada semester 5. Buku ini membahas tentang struktur kimia zat padat dan amorf, ikatan kimia pada zat padat, struktur padatan dari logam dan ionik, dan materi yang lainnya.

10. Psikologi Pendidikan



11. Metodologi Penelitian


        Buku Metodologi penelitian merupakan buku yang paling penting untuk mahasiswa (i) kimia baik yang ingin membuat proposal awal, penelitian dan untuk mahasiswa yang sedang menempuh mata pelajaran kimia, buku ini sangat cocok dikalaborasi dengan buku sbm, karena dalam buku ini mempelajari tentang dasar-dasar penelitian seperti mencari masalah penelitian sehingga judul penelitian ditemukan, hipotesis, rumusan masalah penelitian, metodelogi penelitian dan sebagainya. Sangat direkomendasikan untuk semua mahasiswa(i) kimia.

12. Buku Micro Teaching

          Buku yang  satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa(i) pendidikan kimia khususnya untuk mahasiswa lettu (leting 2014) yang ada mengikuti seminar micro teaching bersama pak dekan ftk uin arraniry. Ebook ini sangat cocok dan sangat direkomendasi oleh pak dekan ftk. Buku ini dibuat oleh dosen fakultas ushuludin ibu Dr. Hj. Helmiati M.Ag untuk melatihan keterampilan dasar mengajar para calon guru, perencanaan micro teaching, hakikat dan tujuan micro teaching dan buku ini juga mengupas tentang teknik-teknik dalam mengajar dan sangat sinkron dengan buku sbm dan metodologi penelitian.

13. Fisika Dasar

      Buku fisika dasar untuk adik-adik yang sedang menempuh fisika dasar di semester 3, cocok untuk menambah referensi fisika dasar, termasuk membuat makalah, sebagai daster (dasar teori), dan pengetahuan.

14. Kimia Lingkungan oleh Achmad Lutfi


15. Kimia larutan oleh Rusman


Jika buku yang anda inginkan tidak tersedia, tolong tinggalkan komentarnya dengan cara menyebutkan judul bukunya. Anda juga diizinkan memberikan komentar secara anonym (tanpa perlu masuk ke email). Semoga bermanfaat. 😊 

12 komentar:

Bagi Ilmu 99 mengatakan...

Terima kasih, sangat membantu.

Leonardo Monteiro mengatakan...

Mohon bantuannya. Buku Kimia Anorganik dengan identitas buku sbb:

Kristian H. Sugiyarto, Hari Sutrisno, dan Retno DwiSuyanti, 2013. Dasar-Dasar Kimia Anorganik Nonlogam. Unipress, Indonesia.

Jika ada, tolong kirimkan ke email ini: taraleu.mocho2016@gmail.com dan taraleu.mocho@yahoo.co.id.

Saya tunggu, terima kasih banyak...

Pencari Ilmu mengatakan...

Ebook yang dishare sangat bermanfaat.
Untuk ebook kimia dan pendidikan lainnya visit juga ya https://kualadaceng.blogspot.co.id/2018/01/ebook-kimia-dan-keguruan-update-2018.html
Thank.

Anonim mengatakan...

terimakasih sangat bermanfaat

Anonim mengatakan...

mohon untuk pronaltesnya bisa minta dikirimkan ke email ini: athalib5@gmail.com , terimakasih. Artikelnya sangat bermanfaat

Ilmu Pengetahuan mengatakan...

Buku Metodologi penelitian merupakan buku yang paling penting untuk mahasiswa (i) kimia baik yang ingin membuat proposal awal, penelitian dan untuk mahasiswa yang sedang menempuh mata pelajaran kimia, buku ini sangat cocok dikalaborasi dengan buku sbm, karena dalam buku ini mempelajari tentang dasar-dasar penelitian seperti mencari masalah penelitian sehingga judul penelitian ditemukan, hipotesis, rumusan masalah penelitian, metodelogi penelitian dan sebagainya. Sangat direkomendasikan untuk semua mahasiswa(i) kimia.ilmu pengetahuan.

Anonim mengatakan...

Terimakasih sangat bermanfaar
Anak unsyiah yaa

Anonim mengatakan...

Mohon untuk kimia analitik I nya dikirimkan ke email vasramasihombing14@gmail.com
Terima kasih
Dan sangat membantu

Anonim mengatakan...

Terima kasih untuk referensi e-book nya, sangat bermanfaat

LADY'S WORD mengatakan...

Terimakasih banyak

Unknown mengatakan...

Terimakasi banyak kaa sangat membantuuu

Dzakii mengatakan...

Terimakasih banyak kaa sangat membantuu